SOTAZONE.NET
Info Seputar Blogging

Cara Mengatasi Iklan Yang Tidak Tayang Pada Url Https Blogger Custom Domain / Subdomain

0 27
www.sotazone.net Beberapa hari yang lalu semenjak ada kabar terbukanya fitur HTTPS pada Blogger Subdomain dan Blogger Custom Domain banyak para pengguna Blogger yang beralih dari URL HTTP menjadi URL HTTPS. Alasannya ialah lebih SEO dan Lebih Aman.

Ikon gembok hijau tersebut memang mempunyai kesan yang menarik di mata Google dan Pengunjung, namun ternyata juga berdampak pada pendapatan iklan Adsense yang kita gunakan. Mengapa mampu begitu? Kalian mampu membaca alasannya adalah pada artikel yang kemarin kami bahas :
Disini kami akan bocorkan bagaimana cara mengakali URL pada blog kita semoga iklan Adsense yang kita gunakan tetap tayang. Berikut ialah caranya :
  • Jika settingan HTTPS kalian menggunakan pengaturan seperti dibawah ini :

  • Maka sebaiknya kalian ubah seperti dibawah ini :

    Dengan bentuk settingan pada nomor 2 diatas, menerangkan bahwa URL blog kalian mampu diakses melalui 2 protokol, yaitu : HTTP maupun HTTPS – namun tidak menjadikan URL teralihkan. Artinya adalah : jika blog kalian diakses melalui HTTP maka URL blog kalian tidak akan berubah ke HTTPS.
    Sebagai contoh silahkan kunjungi blog Sota Zone ini dengan HTTP dan HTTPS. Klik link dibawah ini dan perhatikan bentuk URL yang digunakan.
    Selain itu, permalink yang sudah terlanjur terindek di penelusuran tidak perlu kita khawatirkan lagi. Karena blog kita sudah mampu diakses melalui 2 protokol (HTTP dan HTTPS) Contohnya seperti gambar dibawah ini : (artikel mampu dikunjungi menggunakan HTTP maupun HTTPS)

    Note :
    Mengingat platform Blogger sudah berada dibawah naungan Google, jadi kami rasa dalam memakai fitur HTTPS ini ada baiknya dan ada tidaknya
    1. Baiknya : Blog menerima meningkatkan secara optimal lebih baik daripada HTTP, terkesan lebih pro dan aman untuk diakses. Namun dalam memakai fitur HTTPS tersebut sebaiknya juga diimbangi dengan kualitas blog kita. Karena tanpa menggunakan HTTPS pun blog kita bergotong-royong sudah aman untuk diakses (beda ceritanya kalau kita menggunakan platform WordPress).
    2. Tidak Baiknya : Beberapa iklan yang dilelang pada Adsense masih didominasi oleh stock / slot iklan untuk URL HTTP, sehingga stock iklan yang akan tayang pada URL HTTPS masih minim. Sekaligus mendisable beberapa Javascript pada template, sehingga ada beberapa widget yang tidak bekerja dengan sempurna pada URL HTTPS tersebut.

    Kesimpulan :

    1. Menggunakan fitur HTTPS pada blog mampu menjadi duduk perkara bagi Publisher Adsense, jika tidak menggunakan HTTPS akan dikira situs tidak aman, jikalau menggunakan HTTPS akan menurunkan jumlah pendapatan iklan. Untuk itu kembali kepada keputusan kalian masing-masing. Sebenarnya, yang lebih penting dari HTTPS adalah konten dan pengunjung blog kita, apa yang dicari oleh pengunjung kita yakni konten kita, bukan permasalahan blog kita pakai HTTP atau HTTPS. Thinking about that…
    2. Intinya sih kalau untuk Blogger, fitur HTTPS ini mampu meningkatkan kinerja SEO pada blog (asal tidak bermain black hat). Lebih anggun di SERP. Sedangkan untuk WordPress, persoalan SEO bisa diatasi dengan plugin Yost SEO misalnya, dan  HTTPS pada WordPress lebih cocok sebagai fitur keamanan.
      • HTTPS untuk Blogger = SEO
      • HTTPS untuk WordPress = Keamaanan
    3. Kami menyarankan kepada kalian untuk menggunakan cara ini bila kalian benar-benar menginginkan iklan Adsense tayang lebih banyak pada blog anda. 
    4. Penayangan iklan juga dipengaruhi oleh perangkat yang mengakses blog kita, jika iklan tayang pada URL HTTP dan HTTPS via Desktop, maka saat diakses via Mobile iklan belum tentu tayang untuk URL HTTPS, sehingga masih ada iklan yang tidak tayang / stock kosong.
      • URL HTTP dan HTTPS via Desktop = iklan mampu tayang
      • URL HTTP dan HTTPS via Mobile = terkadang tayang, terkadang tidak tayang

      Itulah info mengenai “Cara Mengatasi Iklan yang Tidak Tayang pada URL HTTPS Blogger Custom Domain / Subdomain“, semoga memperlihatkan pencerahan bagi kalian yang sedang Baper balasan iklan Adsense yang tidak tayang. Selamat mencoba dan agar berfaedah. (sz-net)

      1. Contoh Iklan yang tayang pada URL HTTPS

      2. Contoh Iklan yang tayang pada URL HTTP

      Leave A Reply

      Your email address will not be published.