SOTAZONE.NET
Info Seputar Blogging

Firefox Quantum – 2X Lebih Cepat Dan Ekonomis Ram

0 23


www.sotazone.net Pamor Mozilla Firefox emang udah turun banget ya kini, keganti sama Google Chrome. Eh tapi jangan salah, browser baru Mozilla yang bakal dinamain Firefox Quantum bisa bikin kau selingkuh dari Chrome!

Firefox Quantum ini diklaim Mozilla jadi browser yang dua kali lebih cepet dari Firefox versi sebelumnya. Kecepatan itu dihasilin dari berhasilnya Mozilla ngebenerin sekitar 468 bug yang bikin lemot browser mereka sebelumnya.
Firefox Quantum ini juga katanya lebih ringan kalo dipake buat buka banyak tab. Gak nanggung-nanggung, mereka klaim kalo buka banyak tab di Firefox Quantum mampu lebih cepat dari buka tab banyak di Chrome. Udah gitu, katanya Firefox Quantum makan RAM 30% lebih dikit dari versi sebelumnya.

Rahasia kehebatan Firefox Quantum ini ada di mesin CSS nya, Quantum CSS, yang berdasarkan Mozilla keinspirasi sama Chrome dan Safari. Mesin gres ini yang ngebikin Firefox Quantum lebih cepet dan makan lebih sedikit RAM.

Dengan nama gres, engine baru, dan tampilan baru, tentu perubahan di Firefox Quantum bukanlah perubahan yang sepele. Berikut ini yaitu beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Firefox Quantum:

2x Lebih Kencang

Sebelumnya Firefox secara umum dikuasai berjalan hanya di satu CPU core, tetapi Firefox Quantum memanfaatkan multi-core CPU yang sudah lumrah dimiliki oleh PC / mobile ketika ini untuk berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini menciptakan Firefox Quantum memiliki CSS engine yang sangat kencang, alasannya proses dijalankan di beberapa CPU core. Dibandingkan dengan versi Firefox tahun lalu, Firefox Quantum ini 2x lebih kencang ketika diuji menggunakan Speedometer 2.0 benchmark.

30% Lebih Hemat RAM dari Chrome

Tab di Firefox Quantum juga dirombak hingga jadi lebih cerdas dalam menentukan prioritas tab yang aktif, jadinya Mozilla mengklaim bahwa Firefox Quantum ini 30% lebih hemat penggunaan RAM dibandingkan dengan browser Chrome.

Tampilan Baru yang “Cerdas”

Di Firefox Quantum, Firefox menggunakan tampilan berbasis Project Photon. Dengan desain baru ini kamu mampu lebih fokus, serta sudah mendukung layar High DPI. Tampilan ini juga lebih modern dan terkesan lebih flat dan minimalis, sebuah gaya desain yang tengah digandrungi saat ini.

Tetapi kelebihan utama dari tampilan Firefox Quantum berbasis Project Photon ini yakni “kecerdasannya” dalam mendeteksi perangkat. Jika kamu memakai perangkat touch screen, maka ukuran menu otomatis berubah dan menyesuaikan, tergantung dari kau memakai mouse ataukah touch.

Built-in Pocket

Masih ingat dengan layanan Pocket yang diakuisisi Mozilla beberapa waktu lalu? Dengan Pocket kau bisa menyimpan artikel untuk dibaca di lalu waktu. Di Firefox Quantum, Pocket terintegrasi dengan lebih bersahabat. Saat kamu buka tab gres, halaman yang sedang trending di Pocket bakal eksklusif tampil.

Kapan Firefox Quantum Dirilis?

Versi tamat dari Firefox Quantum bakal dirilis 14 November 2017 nanti. Tapi jangan khawatir, kau bisa kok nyobain versi beta-nya. Tinggal meluncur aja ke website Mozilla, terus download deh atau mampu melalui tautan dibawah ini :

Download Firefox Quantum (Beta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.