SOTAZONE.NET
Info Seputar Blogging

Peraturan Baru Youtube 2018

0 22


www.sotazone.net Halo teman sotazer, khususnya Sotazer ID – kabar menggemparkan buat para Youtuber yang dikagetkan dengan berita YouTube yang memberlakukan aturan yang lebih ketat bagi akses yang ingin mengumpulkan pundi uang melalui iklan.

YouTube Partner Program (YPP) mengharuskan siapapun yang ingin bergabung dalam acara tersebut untuk memiliki minimal 1.000 orang subscriber di kanalnya serta ditonton total 4.000 jam selama setahun ke belakang.

Berita dengan adanya peraturan dan kebijakan baru dari youtube tersebut menjadi sentra perhatian youtuber, khususnya para youtuber pemula. Berita ini pun menjadi sangat terkenal dan hangat diperbincangkan oleh kalangan youtuber yang masih mempunyai jumlah subscriber di bawah 1.000.

Kebijakan ini mulai diumumkan hari Selasa (16/1/2018) – Setiap kanal atau channel youtube yang tidak memenuhi syarat dengan menerima 4.000 jam tonton dalam satu tahun terakhir (12 Bulan) dan mempunyai 1.000 subscriber maka secara otomatis akses youtube yang bersangkutan tidak lagi mampu menanyangkan iklan adsense pada video youtube mereka. Namun Hal tersebut dikabarkan / diberlakukan pada tanggal 20 Februari 2018 nanti.

Hal ini membuktikan bahwa setiap calon publisher adsense youtube hanya bisa mengajukan permohonan adsense apabila channel youtube yang mereka miliki telah :

  1. Mencapai 1.000 subscriber.
  2. Memiliki 4.000 jam ditonton dalam satu tahun terakhir (12 Bulan).

Jika tidak mempunyai 2 syarat diatas maka permohonan tidak dapat diajukan (video tidak mampu dimonetize).

Beberapa pekan lalu youtube menunjukkan syarat pengajuan adsense harus memiliki capaian viewer minimal 10.000 view, maka pada tahun 2018 ini semuanya berubah menjadi 4.000 jam ditonton dalam satu tahun terakhir (12 Bulan) dengan subscriber sudah harus mencapai 1.000 subs.

Jadi, jikalau dalam setahun terakhir jumlah tontonan video kalian belum hingga 4.000 jam dan jumlah subs belum hingga 1.000 subs maka video-video pada channel kalian tidak bisa diajukan ke Adsense.

Dampak
Kebijakan ini memiliki tujuan yang baik untuk menyaring konten yang terlihat spammer, peniru, re-upload, pemeran jelek dan konten kreator yang tidak bertanggungjawab membagikan video yang tidak berkualitas.

Melihat kondisi youtuber di Indonesia ini, banyak youtuber yang asal-asalan membagikan video yang ajaib-gila dan terkesan menyalahi hukum, seperti video yang berisi tantangan yang berujung kem4tian atau penyiks4an hewan (bahkan mirip video yang pernah diupload oleh Logan Paul). Oleh karena itulah Youtube memperlihatkan kebijakan mirip ini. Selain itu, juga akan menyaring video re-upload yang merugikan pihak pembuat konten ori.

Bagi yang sudah mempunyai jumlah penayangan lebih dari 4.000 jam dan lebih dari 1.000 subs hal ini mungkin tidak menjadi dilema yang dipikirkan lebih dalam, sebab kalau sudah memenuhi persyaratan dari Youtube tersebut – maka cukup dengan meningkatkan kualitas dan update setiap hari dengan konten yang original. Namun, bagaimana dengan mereka yang masih berada dibawah persyaratan? Tentunya menjadi momok yang seram, karena pengajuan untuk memonetize video tidak bisa didapatkan sehingga iklan tidak mampu dijumpai pada video yang telah dibentuk. Alhasil menciptakan mereka harus lebih ulet lagi dalam menciptakan konten video, khususnya youtuber pemula.

Apabila dalam setahun terakhir channel kita tidak memenuhi persyaratan maka inilah yang akan terjadi pada channel kita :

Nah, buat teman sotazer yang mempunyai channel youtube dan belum memenuhi persyaratan – jangan mengalah ya, tetap semangat. Dalam membuat konten video itu pada dasarnya ialah stimulasikan apa yang kau minati.

Sumber : https://support.google.com/youtube/answer/72851

Leave A Reply

Your email address will not be published.